You are currently viewing Gaya Hidup Sehat, Simak Tipsnya!

Gaya Hidup Sehat, Simak Tipsnya!

Gaya hidup sehat seakan akan sudah menjadi tuntutan saat ini. Dalam zaman yang serba modern ini, banyak orang yang sudah terbiasa melakukan sesuatu  pekerjaan apapun secara instan. Tidaklah usah jauh-jauh dalam mencari contoh, dahulu banyak orang yang ketika ingin pergi ke suatu tempat masih menggunakan transportasi umum, naik sepeda bahkan beberapa diantaranya hanya berjalan kaki.

Sekarang, cobalah melihat sekeliling kita, banyak sekali keperluan keperluan kita yang pada awalnya masih membutuhkan aktivitas fisik mulai bergeser karena semakin banyaknya kemudahan yang ditawarkan. Salah satu yang mempermudah ialah “Teknologi”.  Misalnya, urusan bayar listrik atau transfer uang, kini bisa dilakukan dengan mobile banking.

Situasi serba instan juga ditemui pada persoalan perut. Kebiasaan bagi sebagian orang yang mengonsumsi fast food atau beberapa orang menyebutnya junk food, justru semakin membudaya di saat ini. Makan di gerai franchise restoran cepat saji dianggap sebagai pilihan orang masa kini. Tentu saja, hanya demi gengsi semata, banyak orang yang lebih menyukai makan makanan restoran tersebut dibandingkan memasak sendiri. Kalau sudah sering berhadapan dengan makanan instan, kesehatan yang akan menjadi korban.

Tahukah Anda? Salah satu zat yang ditanam pada tubuh jika sering mengonsumsi makanan cepat saji adalah kolesterol jahat (LDL). Makanan ini rata-rata mengandung lemak trans tinggi. Inilah jenis lemak yang sangat membahayakan tubuh dengan melakukan penyumbatan di pembuluh darah. Pada orang yang tidak menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan, keberadaan kolesterol tinggi meningkatkan risiko terkena serangan jantung koroner dan stroke.

Kebutuhan gaya hidup sehat tidak lepas dari kebutuhan tubuh untuk bergerak. Kita bisa katakan, bahwasanya bergerak sangat diperlukan jika Anda ingin sehat. Banyak bergerak berarti membantu tubuh melancarkan metabolisme. Orang yang kerap beraktivitas di belakang meja dan tentunya jarang bergerak, resiko kesehatan yang akan jadi taruhan.

Contohnya, kolesterol dan lemak lain yang tersimpan dalam tubuh, tidak bisa langsung terpakai. Timbunan lemak semakin menumpuk di tubuh.

Nah pada studi kasus lain, orang yang kebanyakan duduk sangat berpotensi mengalami masalah pada ginjal. Risiko ini akan bertambah tinggi jika yang bersangkutan jarang minum air. Malahan ada sebuah hasil riset yang mengatakan bahwasanya, orang banyak duduk bisa terserang emboli paru. Jadi, kalau ingin menerapkan gaya hidup sehat, beraktivitas fisik harus dijadikan kebiasaan.

Aktivitas fisik tidaklah hanya berkutat pada olahraga. Aktivitas fisik juga meliputi berbagai macam aktivitas yang melibatkan anggota tubuh untuk bergerak. Bagi orang yang banya menghabiskan waktunya di belakang meja, menyempatkan waktunya untuk melakukan aktivitas berdiri dan berjalan-jalan di sekitar tempat kerja tentu bisa dipertimbangkan. Atau, bagi anda yang sering meluangkan waktunay beraktivitas di lapangan, aktivitas tersebut sudah mendukung gaya hidup sehat. Mengenai olahraga, sesuaikanlah dengan kemampuan fisik anda sendiri, hal ini untuk menimbang jenis olah raga apa yang Anda lakukan.

Mengontrol makanan yang dimakan itu perlu. Takaran pada makanan yang dimakan bukan hanya tentang porsi makanan itu sendiri. Dalam menerapkan dan melakoni gaya hidup sehat, pemilihan menu makanan yang sehat juga perlu diatur dan dikondisikan agar diperoleh asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Setiap orang tentu mempunyai asupan kebutuhan nutrisinya sendiri yang berbeda dengan orang lain.

gaya hidup sehat

Gaya Hidup Sehat dengan Pola Makan Sehat

Mengenai porsi makan sehat, hal yang perlu diperhatikan dalam makanan adalah asupan kalori. Gaya hidup sehat harusnya bisa menyeimbangkan antara kalori yang masuk dengan kalori yang terpakai. Oleh karena itu, perhatikanlah besaran asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dengan aktivitas harian anda. Tentu saja, kebutuhan kalori bagi para pekerja lapangan lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan kalori karyawan kantor yang sehari-hari banyak beraktivitas di belakang meja. Porsi yang dibutuhkan masing-masing juga beda.

Kalau dilihat dari komposisinya, kebutuhan karbohidrat sekitar 60-70 persen. Sedangkan mengenai protein itu berkisar 10-15 persen, dan lemak 20-25 persen. Mengenai sisanya, maka lengkapilah dengan kebutuhan tubuh lainnya, misalnya vitamin dan juga mineral. Penting juga untuk diperhatikan, makanlah dengan teratur dan cukup (tidak kebanyakan dan tidak sedikit), dibandingkan dengan makan makanan porsi besar namun jarang

Mengenai memilih jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi, kita harus tetap memerhatikan kandungan dari makanan tersebut. Misalnya saja kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi spesifik. Jangan lupakan untuk mengonsumsi serat dari buah dan sayuran.

Pastikan semua hal tersebut dikonsumsi secara tepat dan cukup. Salah satu indikator telah berhasil menerapkan gaya hidup sehat dari sisi makanan adalah indeks massa tubuh (body mass index) berada dalam poin yang normal, yaitu antara 19-25. Namun indeks masa tubuh bukanlah indicator utama, masih banyak indicator indicator lainnya. Misalnya kita perlu untuk melakukan check up seperti gula darah, kadar kolestrol, tekanan darah, dan sebagainya

Jika anda merasakan gejala-gejala atau sudah merasakan penyakit-pengakit tersebut. Maka admin punya saran untuk anda, yakni konsumsi ferbaltik obat herbal.

Ferbaltik Obat Herbal adalah obat yang diramu dari ekstrak saripati tumbuhan-tumbuhan alami berkhasiat yang memiliki manfaat dalam pengobatan herbal. Tanpa campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran-campuran yang bersifat hewani.

Pengobatan dengan obat-obatan herbal dipercaya tanpa  menimbulkan efek samping pada tubuh manusia. Berbeda dengan obat-obatan kimia yang banyak beredar. Ferbaltik obat herbal diproses dengan teknologi kedokteran terkini termutakhirkan. Sehingga menjadikan manfaat dan kahasiatnya makin terjaga.

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply